PIE SUSU KURMA


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Halo gimana kabarnya? Ada banyak teman-teman yang sudah mudik ya. Fii amanillah...semoga Allah memberikan banyak kemudahan agar perjalanan mudik bisa berjalan dengan lancar. Maa syaa Allah tradisi mudik ini memang luar biasa yaa. Saya yang dari kecil sudah termasuk sebagai salah satu mudik squad juga merasakan bahwa mudik ini memang punya banyak kenangan. Kalau dulu sebelum ada jalur tol trans Jawa, setiap ruas jalan dari Kediri hingga Pekalongan punya banyak cerita dan itu semua mengingatkan saya kepada Papa. Al Fatihah untuk Papa. Tuuuh kan mellow lagi. Tapi memang ya kalau udah Ramadhan dan mendekati Idul Fitri seperti sekarang ini, kangennya jadi berlipat-lipat. Smoga Allah berikan tempat terbaik untuk Papa ya. Aamiin yaa Allah

Naaah sekarang cerita tentang pie. Pie susu kurma ini saya buat di awal-awal puasa kemarin. Dulu udah pernah sih bikin pie susu kurma, tapi waktu itu warnanya gak bisa coklat tua kaya gini, tapi kuning kaya pie susu biasa. Menurut saya penyebabnya bisa jadi karena warna kurma yang digunakan dan bisa juga karena dulu kalau gak salah saya pakai tepung custard. "Menang" deh warna custardnya yaa. Kali ini saya pakai maizena, dan yeeesss warna kurmanya bisa keluar. Seneng banget liat warna coklatnya ini. Jadi ini bukan gosong yaaa, tapi memang ini hasil yang saya inginkan. Video pembuatan pie susu kurma ini monggo bisa dilihat di IG @bundnina_kitchen yaa.




PIE SUSU KURMA

Bahan Crust :
250 gr tepung terigu serbaguna
150 gr margarin / butter
1 sdm gula pasir
5-6 sdm air es

Cara Membuat Crust :
1. Campur terigu dan margarin. Aduk hingga berbulir-bulir. Masukkan gula pasir, aduk rata
2. Tuang air es secara bertahap sambil diaduk hingga adonan bisa digilas atau dibentuk. Tambahkan air es bila adonan dirasa masih kering dan hentikan penambahan air jika tekstur adonan sudah pas.
3. Adonan siap dicetak di cetakan pie yang sudah dioles tipis margarin.

Bahan Filling Kurma :
70 gr kurma tanpa biji, iris kecil
150 gr kental manis
250 ml air
1 sdt vanilla
4 kuning telur
15 gr maizena atau bisa juga pakai tepung custard ya

Cara Membuat :
1. Campurkan kental manis dan air, aduk hingga rata lalu blend dengan irisan kurma hingga halus
2. Masukkan vanilla, kuning telur dan maizena. Aduk hingga rata dan saring.

Penyelesaian :
1. Tuang filling kurma ke crust pie hingga penuh lalu panggang dengan suhu 160'C hingga set dan matang. Waktunya tergantung masing-masing oven ya.
2. Angkat, dinginkan baru dikeluarkan dari cetakan.

Notes :
1. Apabila memakai cetakan pie besar, setelah dicetak tusuk-tusuk dasar pie dengan garpu dan panggang selama kurang lebih 30 menit hingga matang baru kemudian bisa dituang filling.
2. Apabila memakai cetakan pie kecil, adonan filling bisa langsung dituang tanpa perlu memanggang kulit pie terlebih dahulu




Pie susu kurma ini enak banget disajikan kalau udah dingin. Simpan di wadah tertutup atau plastik yaa biar kulitnya gak ikut keras setelah disimpan di kulkas. Buat sajian hari raya, cocok juga kaaan. Pasti lain dari pada yang lain.

Selamat mencoba....Happy Baking ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==